Saturday, February 13, 2010

Pengertian Public Relations

Public Relations, bukan public relation. Merupakan salah satu profesi yang sedang BOOMING dikalangan profesional. Pengertian dari public relations itu sendiri tidak terhitung banyaknya. Dari pendapat para ahli hingga pendapat dari orang-orang yang mempelajarinya mempunyai pendapat yang berbeda. saya tidak akan membahas satu persatu semua pengertian PR tersebut, namun saya akan berusaha menjabarkan beberapa pengertian PR dari beberapa ahli yang saya dapatkan saat saya mendapatkan mata kuliah Pengantar Ilmu Humas yang saat itu pak Soleh Soemirat sebagai dosennya. Pengertian dari PR adalah sebagai berikut:

J.C. Seidel
PR adalah proses yang kontinu dari usaha-usaha manajemen u ntuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, pegawai, dan publik umumnya, ke dalam dengan mengadakan analisa dan perbaikan diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyatan-pernyataan.

W. Emerson Reck
PR adalah kelanjutan dari proses penerapan kebijaksanaan penentuan pelayanan-pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan goodwill dari mereka. Kedua pelaksanaan kebijaksanaan, pelayanan, dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaiknya.

Howard Bonham
Suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu suatu individu, organisasi, maupun perusahaan.

Deni Griswold
Suatu fungsi manajemen yang menilai sikap pubik, menunjukkan kebijasanaan dan prosedur dari individu atau organisasi atas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik.

Beberapa pengertian di atas mempunyai bahasa yang berbeda dalm menyampaikan apakah sebenarnya PR itu. namun apabila dirangkum, PR dapat berarti suatu usaha manajemen yang berkelanjutan dan sesuai dengan prosedur untuk menciptakan pengertian publik internal dan eksternal yang lebih baik yang kemudian akan berpengaruh terhadap kepercayaan publik terhadap perusahaan atau instansi dimana seorang PRO menjabat.

No comments:

Post a Comment

where do you come from?

widgets

Total Pageviews